Minggu, 01 November 2009

Al-Jami’ah, Semakin Unggul Sebagai Jurnal Internasional

Selama kurun waktu lima tahun terakhir ini, pertumbuhan jurnal di PTAIN (Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri) di tanah air begitu pesat seiring dengan tersedianya dana dari pemerintah, baik dari DIP maupun DIK yang dialokasikan untuk program pengembangan akademik di fakultas dan jurusan. Beberapa jurnal bahkan terlihat semakin meningkatkan kualitasnya, baik dalam penampilan maupun kualitas tulisan sebagai upaya untuk mendapatkan akreditasi dari Departemen Pendidikan Nasional. Namun demikian, dari sekian banyak jurnal dari PTAIN di tanah air tersebut masih sangat jarang yang mengorientasikan jurnalnya kepada masyarakat akademik internasional. Sehingga jurnal yang diterbitkannya tidak mampu menjadi jurnal ilmiah yang berskala internasional, bahkan banyak di antara jurnal-jurnal tersebut hanya sekedar terbit untuk kalangan lokal fakultas atau jurusan dimana jurnal itu diterbitkan.
Fenomena semacam ini sejatinya merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari karena banyak dari jurnal-jurnal yang diterbitkan hanya sekedar mengejar kepentingan akreditasi fakultas/jurusan atau nilai KUM (kepangkatan) dari para dosen dan penelitinya. Dalam lingkup yang lebih besar, sebagian besar PTAIN atau PT pada umumnya di tanah air masih belum mempunyai kemampuan untuk menerbitkan jurnal ilmiah internasional karena berbagai kendala manajemen maupun kebahasaan, sehingga jurnal yang diterbitkannya pun masih sebatas lingkup jurnal nasional atau bahkan lokal saja.
Namun demikian, hal tersebut di atas tidak berlaku bagi jurnal Al-Jami’ah UIN Sunan Kalijaga sebagai jurnal ilmiah studi Islam yang telah berusia lebih dari 40 tahun. Tak sekedar mengejar kepentingan akreditasi semata, jurnal yang telah terbit secara rutin sejak 1962 ini, terus mengembangkan diri dan bercita-cita untuk meningkatkan lingkup serta sasaran audiensnya menjadi jurnal ilmiah yang bertaraf internasional. Hal ini dilandasi pada suatu keyakinan bahwa jurnal ini sudah mempunyai pengalaman penerbitan yang sangat lama. Selain itu, hal ini juga sejalan dengan visi misi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang mengorientasikan PT ini ke depannya menjadi PT yang berstandar internasional (world class university) baik dalam kualitas kajiannya maupun person penyangga civitas academicanya.
Perjuangan yang dilakukan demi mencapai cita-cita tersebut, ternyata tidak sia-sia dan kini membuahkan hasil. Al-Jami’ah yang pada awal penerbitannya hanya merupakan jurnal ilmiah studi Islam di lingkungan UIN Sunan Kalijaga, kini telah menjelma menjadi jurnal berskala internasional. Tak hanya itu, Al-Jami’ah juga telah ditetapkan sebagai jurnal yang terakreditasi dengan peringkat teratas (A) oleh Depdiknas. Karena status yang diperolehnya tersebut, Al-Jami’ah diberi kepercayaan oleh Depdiknas sebagai jurnal pembina tingkat nasional bagi 13 jurnal ilmiah keagamaan di beberapa PTAIN di Indonesia.
Jurnal akademik yang pertama kali terbit di Asia dalam bidang kajian Islam ini, telah memulai penerbitan ilmiah internasionalnya sejak 2 tahun lalu dengan melakukan berbagai upaya peningkatan seperti, mempublikasikan karya tulis ilmiah studi Islam dalam 2 bahasa resmi yang diakui oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai bahasa internasional yaitu bahasa Inggris dan bahasa Arab. Selain itu, jurnal ini telah berhasil merekrut 12 orang pakar dan guru besar dalam kajian Islam dari berbagai fokus studi yang berbeda yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi di luar negeri.
Tak hanya itu, pendistribusian jurnal ini telah ditingkatkan lebih luas lagi mencakup audiens di seluruh penjuru dunia, yaitu dengan mempublikasikan jurnal ini melalui portal electronic journal Oriental Scholars sebagai media utamanya. Dengan demikian, keinternasionalan jurnal ini telah terbukti dapat berjalan dengan baik, minimal selama 2 tahun terakhir penerbitan.
Menurut Ketua Dewan Redaksi Jurnal Al-Jami’ah, Drs. Ratno Lukito, M.A., DCL, saat ini jurnal yang dipimpinnya sedang dalam proses menjalin kerjasama dengan Scopus dan Index Islamicus, dua buku index terkemuka di dunia. “Kami berharap, dengan adanya kerjasama tersebut, kedepannya artikel-artikel dalam jurnal Al-Jami’ah dapat dimasukkan dalam indexing kedua buku tersebut. Hal tersebut kami lakukan untuk memastikan tersebarnya Al-Jami’ah dalam kancah karya akademik studi Islam tingkat dunia,” ujarnya potimis.
Sebagai jurnal kajian studi Islam yang berskala internasional, lanjutnya, Al-Jami’ah diharapkan akan mampu menjadi jurnal terpenting dan unggulan di UIN Sunan Kalijaga, yang karenanya jurnal ini mampu mempublikasikan dan mengkomunikasikan karya ilmiah hasil kajian dan penelitian dalam kajian Islam dari para dosen/peneliti dari seluruh PTAIN di Tanah Air maupun PT lainnya di seluruh dunia. “Peningkatan jurnal Al-Jami’ah sebagai jurnal studi Islam yang berskala internasional dengan demikian tidak hanya bermanfaat bagi civitas academica di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta saja tetapi juga masyarakat ilmiah lainnya diluar Perguruan Tinggi ini seluas-luasnya. Disinilah manfaat ilmiah dari jurnal ilmiah internasional yang diharapkan dapat terpenuhi dengan terbitnya jurnal internasional Al-Jami’ah,” jelasnya.
Tak hanya berperan sebagai jurnal berskala internasional yang menerbitkan artikel ilmiah keagamaan dalam bahasa Inggris dan Arab saja, Al-Jami’ah ¬-bekerjasama dengan DP2M Depdiknas- juga aktif mengadakan sejumlah kegiatan berskala nasional di bidang penulisan artikel ilmiah dan pengelolaan jurnal. Seperti yang akan dilakukannya dalam bulan November ini. Dua kegiatan besar akan diselenggarakan Al-Jami’ah dalam rangka peningkatan kuantitas dan kualitas artikel ilmiah para ilmuwan dan cendekiawan Indonesia untuk jurnal Internasional. Dua kegiatan tersebut adalah “Workshop Penulisan Artikel untuk Jurnal Internasional” yang akan diselenggarakan pada 23-25 November 2009 di Hotel Sahid Raya Yogyakarta dan “Lomba Penulisan Artikel Ilmiah Keagamaan Dalam Bahasa Arab dan Bahasa Inggris” yang penerimaan artikelnya dimulai pada 1-23 November 2009 dan akan diumumkan pemenangnya pada 12 Desember 2009.
Pemenang masing-masing bahasa dalam lomba penulisan artikel tersebut akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 5 Juta untuk juara I, Rp 4 juta untuk juara II, Rp 3 juta untuk juara III, Rp 2 juta untuk juara harapan I, dan Rp 1 juta untuk juara harapan II. Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi menjadi peserta dalam dua kegiatan tersebut dapat menghubungi panitia pelaksana di kantor Al-Jami’ah, Gedung Pusat Studi Lt 2 UIN Sunan Kalijaga, Jl Marsda Adisucipto Yogyakarta 55281, Telp: 0274-558186 atau melalui email: aljamiah.uinyogya@gmail.com.

Yogyakarta, 10 November 2009

Drs. Ratno Lukito, M.A., DCL
Ketua Dewan Redaksi


CP: Rina (0899 500 9027)

2 komentar:

  1. Mohon pengumuman pemenang LKTI 2009 ditampilkan di web uin suka. trims

    BalasHapus
  2. assalamu alaikum wr wb
    maaf, apa hasil lomba lkti sdh ada. katanya tgl 21-12-2009 hasil diumumkan.
    mohon hasilnya ditampilkan di blog ini atau website uin suka. trims.
    wassalamu alaikum wr wb

    BalasHapus